-->

Virus Corona - penyebab, gejala dan pencegahan


virus corona(covid-19)

Virus corona (covid-19)

Siapa si yang tidak kenal dengan covid-19, ya tentu saja kalian semua pasti tau dengan virus ini yang sedang menyerang penduduk di seluruh dunia. Virus corona (Covid-19) atau savere acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV2)  adalah salah satu virus yang mematikan, virus ini menyerang syistem saluran pernapasan dan imunitas tubuh. Virus ini bisa menyebabkan ganguan pernapasan (sesak napas), pneumonia akut bahkan sampai menyebabkan kematian.

Virus corona (Covid-19) ini adalah salah satu jenis virus baru dari coronavirus yang dapat menular ke manusia. Virus ini bisa menular ke siapa saja tidak pandang buluh seperti anak-anak, orang tua, orang dewasa, bakhan sampai bayi bisa tertular virus ini.

Virus corona ini pertama kali muncul di kota wuhan pada akhir desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat ke berbagai wilayah di seluruh dunia termasuk indonesia. Virus corona ini adalah sekumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan ringan sampai berat seperti flu, pneumonia, middle-east respiratory syindrom (Mers) dan (Sars).

Gejala yang di timbulkan oleh virus corona

Infeksi  dari virus ini bisa menyebabkan flu, demam, pilek, batuk, sakit tenggerokan, dan pusing atau gejala seperti sesak napas, demam tinggi, batuk berdahak bahkan sampai mengeluarkan darah dan nyeri di pergelangan sendi.  
Namuan secara umum ada beberapa gejala awal yang  bisa menandakan terinfeksi virus corona (Covid-19) yaitu :

1.     Demam tinggi ( suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius )
2. Batuk terus menerus
3. Sesak napas 
4. Pusing kepala

Menurut penelitian yang di lakukan, gejala virus corona muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terinfeksi virus corona. Segeralah periksakan ke dokter bila kalian mengalami gejala terinfeksi virus corona yang di jelaskan di atas, ketika ciri-ciri terinfeksi tersebut muncul 2 minggu setelah berpergian atau kembali dari daerah yang memiliki kasu covid-19 atau berinteraksi dengan penderita virus corona. Jika kalian mungkin terpapar virus ini tetapi tidak mengalami gejala apapun, kalian tidak perlu memeriksakan ke rumah sakit atau dokter kalau masih tidak percaya atau ragu  boleh cek di dokter atau rumah sakit untuk mengecek kalian ter infeksi atau tidak, cukup meisolasi diri di rumah selama 2 minggu dan membatasi kontak dengan orang lain untuk memutus rantai penyebaran virut corona.

virus corona(covid-19)


Penyebab Virus Corona
Ada dugaan bahwa virus corona ini awalnya di tularkan dari hewan ke manusia. Namun, di ketahui bahwa virus ini bisa menular dari manusia ke manusia yang lain.

Adapun seseorang terinfeksi virus corona ini melalui beberapa cara yaitu :
1. Tidak sengaja terkena air liur penderita pada saant penderita virus corona bersin atau batuk.
2. Memegang mulut, hidung dan mengucek mata tampa memcuci tangan setelah memegang benda atau berjabat tangan dengan si penderita.
3. Kontak jarak dekat dengan si penderita seperti jabat tangan atau ber pelukan.
Virus corona ini bisa menginfeksi siapa saja, fatal efeknya jika terjadi pada orang lanjut usia atau ibu hamil, orang yang sedan sakit.

Diagnosis virus corona 
Untuk menentukan apakah pasian terinfeksi virus coropna atau tidak, dokter akan menanyakan apakah pasien pernah  berpergian keluar daerah, keluar kota atau ke luarnegri atau tinggal di daerah yang memiliki kasus virus corona sebelum gejala muncul. Guna untuk memperkuat atau memastikan pasien di diagnosis virus corona, dokter akan melalukan pemeriksaan lanjut yaitu :

1. Uji sempel darah 
2. Rontgen dada atau mendeteksi infiltran atau cairan paru-paru
3. Tes usap tenggerokan  untuk meneliti sempel dahak (tes PCR)

Infeksi virus corona ini belum ada obatnya, tetapi ada beberapa langah agar terhindar dari virus corona yaitu :
1. Menjaga jarak kurang lebih 1 meter 
2. Berdiam diri di rumah terlebih dahulu guana untuk memutus rantai penyebaran virus corona 
3. Rajin memcuci tangan minimal dengan sabun 
4. Memakai masker sewajarnya
5. Mengunakan hend sanitizer untuk membersihkan tangan 

Penderita virus corona pada kasus yang parah bisa sampai menyebabkan pneumonia, infeksi sistem pernapasan, gagal ginjal, bahkan sampai kematian.

virus corona(covid-19)


Pencegahan virus corona atau covid-19
Sampai saat ini beluam di temukan vaksin untuk mencegah infeksi virus corona. Saran admin si cukup dengan menjaga imunitas tubuh, makan makana yang sehat, rajin memcuci tangan minimal dengan sabun, nasak nakanan sampai benar-benar matang. Hindari tempat keramaina.dan menjaga kerbersihan tubuh dan linkungan sekitar kita.

Untuk orang yang di duga terkena virus corona atau termasuk kategori ODP (orang dalam pengawasan), ada beberapa langkah yang di lakukan agar virus tidak menyebar lebiah luas yaitu :

- Jangan keluar ruamah kecuali untuk mendapatkan pengobatan 
- Usahakan isolasi diri di tempat terpisah dari keluarga dan orang lain 
- Larang orang lain untuk menjenguk anda sampai anda benar-benar sembuh 
- Pakai masker janagn lupa

Jagalah selalu imunitas kalian dengan minum vitamin, makan makananan yang sehat dan terlebih jagalah kebersihan diri masing-masing agar terhindar dari virus corona, berdiamlah diri di rumah jangan berkumpul-kumpul karena kita tidak tau orang yang kita ajak interaksi terkena virus corona atau tidak. Sementara berdiamlah diri di rumah untun memutus rantai penyebaran virus corona ini. Semoga bermangfaat.

0 Response to "Virus Corona - penyebab, gejala dan pencegahan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel