-->

Apa Itu Css dan Html dan fungsinya

css dan html


Apa itu css dan html ?

 Banyak dari kita yang ingin belajar tentang css dan bahasa pemrograman lainya seperti java scrib, html, css, php dan lain sebaigainya. di sini kita akan membahas tentang CSS dan HTML, pertama-tama kaliah harus tau apa itu CSS.

Css (Cascading Style Sheet)


apa itu css dan html

adalah singatan dari (Cascading Style Sheet). CSS merupakan sekumpulan kode-kode yang bertujuan untuk mengatur dan memperindah  gaya tampilan atau layout halaman web supaya lebih baik dan menarik. CSS adalah sebuah bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk di pelajari dan mudah di pahami. Css juga telah mendukung banyak bahasa makr-up (bahasa pemrograman untuk membuat website) seperti HTML, XHTML, XML (BLOG) dan SVG(scalabel vektor graphics).

- Fungsi css
Sudah di jelaskan di awal fungsi css untuk memperindah tampilan dan membuatnya rapi enak untuk di lihat, css dapat bekerja dan berlaku melalau tag html, melalui tag html yang mulanya sederhana bisa di buat menarik dan enak di lihat  dengan mengunakan css. css bisa di liat dengan adanya artibut, contohnya artibut warna di sini css memberi perintah berupa text yang berwarna merah melalui tag<span> dengan artibut P jadi setiap tag <span> muncul taxt yang berada di dalam atribut P akan menjadi merah.

Contoh :
<html>
<head>
<style>
p {
  color: red;
  text-align: center;
}
</style>
</head>
<body>
<p> belajar css </p>
<p> merubah warna huruf.</p>
</body>
</html>

Css di bagi menjadi 3 yaitu :

1. Inline style sheet
Adalah css dengan perintah yang letaknya ada di dalam  objek. Misalnya kita ingin mengubah sebuah tulisan atau mengubah besar tulisan, font tulisan dan warna pada tulisan harus menempel pada elemen tersebut tinggal tambahkan tag <style> contoh : misalkan kita kan emberi beackground pada tulisan kita cukup tulisakn code
<h1 style="background-color:DodgerBlue;"> Belajar css </h1> maka akan muncul beackground berwarna biru pada tulisan Belajar css.

2. External style sheet
Cara ini lebih praktis dan efisien karena bisa menghemat ruangan dan bis adi gunakan untuk halama web yang berbeda dan bisa di gunakan secara berulamg-ulang  , css ini letaknya berada di halaman yang  berbeda dengan halaman yang akan di ubah. Kalian harus membuat folder css ya terlebih dahulu. cukup tambahkan tag <link rel =”nama folder css kalian ”/> dan letakan di atas tag <head>. Tag <link rel> akan menghubunkan halaman coding pada external sheet css yang trpisah.

3. Embedded style sheet
Sama halnya dengan inline style sheet, sama- sama berada pada satu halaman coding. Embedded style sheet sering di gunakan untuk mengatur huruf atau tulisan yang unik misalnya di dalam satu paragraf tulisan akan di buat berbeda beda.


HTML (Hypertext mark up language)


apa itu css dan html

 HTML (Hypertext mark up language), yaitu sebuah bahasa mark-up yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. HTML adalah salah satu komponen yang menyusun sebuah halaman dalam website yang kita liahat melalui browser(penjelajah internet). Jika kalian ingin terjun di dunia web developmen kaliah harus tau terlebih dahulu fungsi dan tata letan sebuah script html dan kawan-kawanya seperti javascript, Css, dan php.  Di sini saya mau membahas Html terlebih dahulu.


“Perlu di perhatikan html bukanlah sebuah bahasa pemrograman, html adalah sebuah wadah untuk bahasa pemrograman seperti php, javascript dan css.”

Ketika kita ingin membuat atau menyusun sebuah website html ini perlu di bantu oleh kawan-kawanya. Html bertugas untuk menyusun rangka website atau halaman yang kita buat atu lebih sederhananya adalah wadah dan css berfungsi memper indah sebuah halam atau website yang kita buat sedangkan javascript pertuga untuk membuat halam menjadi lebih interaktif.

Contoh script html dasar :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title> untuk judul halaman </title>
</head>
<body>

<h1> untuk mengatur besar kecil huruf semakin besar angkanya semakin kecil huruf yang akan muncul </h1>
<p>untuk mengatur sebuah paragraf.</p>

</body>
</html>

- Keuntunagan belajar css dan html
kalian bisa menjadi seorang web designer kalian tidak perlu pusing –pusing untuk merubah tampilan html pada saat memprogram ulang tampilan halaman. Jika di pelajari dengan tekun pada css tingkat lanjuat kalian bisa mengatur website kalian melalui media suara dan lain-lain.  Menguasai bahasa pemrograman  bahkan bisa menambah pemasukan lo , kalian bisa menjadi seorang web design dan jasa kalia bisa di tawarkan pada pihak yang membutuhkan.
Kesimpulanya belajar css dan html bisa menambah pemasukan terlebih jika tidak ada css makan tampilan website kalian akan sangat berantakan dan tidak enak untuk di lihat dan tidak membosankan. Dengan css tampilan di website kalian akan menarik dan lebih bagus.


0 Response to "Apa Itu Css dan Html dan fungsinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel