-->

Pengertian dasar internet dan keamanan data di jaringan internet


Pengertian dasar internet dan keamanan data di jaringan internet

Internet merupakan singakan dari Inter Conected Network  atau jaringan yang saling terhubung Internet pada awalnya muncul pada tahun 1965 sebuah perusahaan di Amerika bernama ARTA . Membuat koneksi wide area network yang pertama dengan menghubungkan 2 komputer di lain kota melalui jaringan telepon dari percobaan tersebut di simpulkan bahwa  jaringan telepon dapat melewatkan data namun tidak efektif  karena harganya mahal . Internet pada saat itu di sebut dengan Arvanet dan pada pertama kali online pada tahun 1969.

- Keamanan data dalam internet

Biasanya data-data yang di kirimkan melalui jaringan komputer atau  internet sebagian adalah data-data yang sangat penting hal ini mengundang pihak lain untuk mencuri dan memanfaatkan data-data tersebut untuk keuntungan pribadi tentu saja pemanfaatan data-data tersebut akan merugikan pemilik data, pencurian atau pemanfaatan data-data oleh orang yang tidak di kenal merupakan tindakan kejahatan  atau cyber crime biasanya komputer yang sudah tersadap akan terkena virus yang dapat merekam segala aktivitas komputer bahkan bisa sampai merekam tombol-tombol apapun yang di ketik. Kemudian data-data tersebut akan di kirim kepada seseorang di internet (spy were).

Ada 2 bentuk aktivitas :

1. Hacking 
Kita sudah tidak asing mendengar istilah hacking, hacking adalah usaha memasuki sebuah sistem atau jaringan dengan mengeksplor atau pun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal.

2. Cracking
Adalah usaha memasuki sistem jaringan secara ilegal dengan maksut mencuri, mengubah atau menghancurkan file dan data yang ada di dalam sebuah komputer.



0 Response to "Pengertian dasar internet dan keamanan data di jaringan internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel