-->

Apa itu backlink dan macam-macamnya

macam-macam backlink

Apa itu backlink ?

Adalah link yang menghubunkan dari satu situs web ke situs web lainnya. misalnya Google menggunakan backlink sebagai sinyal peringkat karena ketika satu situs web terhubung ke situs web lain, itu berarti mereka percaya bahwa kontennya patut diperhatikan. Backlink yang mempunyai kualitas tinggi dapat membantu meningkatkan posisi peringkat situs dan visibilitas dalam hasil mesin pencari (SEO). backlink memainkan peran penting dalam algoritma mesin pencari, SEO, dan strategi keseluruhan Anda untuk mengembangkan situs web kalian, backlink di bagi menjadi 2 jenis yaitu.

Jenis-jenis backlink
Ada dua tipe dasar backlink,Mari kita lihat masing-masing dan bagaimana pengaruhnya terhadap situs kalian.

1. Sebuah Nofollow tag memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan link. Mereka tidak memberikan nilai apa pun dari satu situs ke situs lainnya. Jadi, biasanya mereka tidak membantu dalam meningkatkan peringkat atau visibilitas pencarian Anda.

2. Tautan dofollow adalah jenis tautan balik yang diinginkan semua orang. Perlu diingat bahwa mereka yang datang dari situs yang dihormati memiliki nilai paling tinggi. Jenis backlink ini dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.
Namun, ada tautan dofollow yang dianggap buruk atau 'beracun'. Tautan ini berasal dari situs yang mencurigakan atau diperoleh dengan melanggar ketentuan layanan mesin pencari. Ini dapat menyebabkan Google menghukum atau bahkan mengindeks situs Anda. Ingat, ini bukan tentang jumlah backlink, tetapi kualitas yang membuat perbedaan dalam peringkat.

macam-macam backlink

Bagaimana Cara Mendapatkan Tautan Balik?
Membangun backlink ke situs Anda membutuhkan waktu dan usaha. Berikut adalah 5 cara sederhana Anda dapat mulai membangun backlink berkualitas untuk situs web Anda.

a. Tambahkan tautan ke situs Anda di profil media sosial Anda.
b. Lakukan pencarian Google untuk posting yang sudah berperingkat baik dan kemudian tingkatkan dan perluas.
c. Buat posting daftar, posting "bagaimana-untuk", "mengapa" posting, infografis, atau posting dengan video yang terpopuler. Format ini biasanya mendapatkan lebih banyak backlink daripada posting standar.
d. Tulis posting panduan utama. Ini adalah posting yang sangat panjang yang berisi beberapa ribu kata dan mencakup setiap sudut topik.
e. Tulis posting di blog dan situs web lain

Anda juga dapat mulai melakukan riset backlink yang kompetitif. Untuk melakukan ini, Anda harus melihat backlink dari pesaing Anda yang berperingkat baik. Alat backlink seperti SEMrush dapat membantu Anda menemukan tautan ini, sehingga Anda dapat mulai menargetkan domain tersebut sebagai bagian dari strategi pembuatan tautan Anda sendiri.
Bagaimana  Memeriksa backlink ?

Ada berbagai alat pemantauan backlink yang memungkinkan Anda memeriksa backlink di situs web Anda termasuk Google Search Console, SEMRush, Ahrefs, dll. Mengawasi backlink Anda sangat penting. Pedoman Webmaster Google mengharuskan Anda untuk meminta pemilik situs web beracun untuk menghapus tautan mereka dari situs Anda. Jika tidak, maka Google dapat menghukum situs web Anda, dan peringkat halaman Anda akan mulai turun dalam hasil pencarian. Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk membantu mengembangkan situs Anda dan melihat backlink Anda, tetapi itu bisa memakan banyak waktu dan terbatas pada apa yang dapat dilakukannya. Namun, ada alat yang lebih cepat dan lebih baik. Misalnya, dengan menggunakan SEMrush. SEMrush memiliki dua area utama yang berhubungan secara khusus dengan backlink. Yang pertama adalah bagian Backlink Analytics yang memungkinkan Anda mempelajari pesaing Anda, dan yang kedua adalah area Audit Backlink.

1 Response to "Apa itu backlink dan macam-macamnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel